PERUMUSAN PROGRAM, KEGIATAN DAN INDIKATOR KINERJA
A. Program
Kerja Kegiatan Madrasah dan Penanggung jawabnya
No
|
Standar
|
Sasaran
|
Program dan Kegiatan
|
Penanggung
jawab
|
Jadwal
|
|||||||
Tahun-1
|
Tahun-2
|
Tahun-3
|
Tahun-4
|
|||||||||
Gj
|
Gn
|
Gj
|
Gn
|
Gj
|
Gn
|
Gj
|
Gn
|
|||||
1
|
ISI
|
Pada tahun 2014 Kurikulum sesuai BNSP
|
Pelatihan Penyusunan Kurikulum/
KTSP
|
Kepala Madrasah
|
√
|
|||||||
Pada tahun 2014 memiliki guru BK
|
Pelatihan guru kelas sekaligus
menjadi guru BK
|
Kepala Madrasah
|
√
|
|||||||||
2
|
PROSES
|
Tahun 2014 guru telah mampu membuat silabus sesuai dengan SI, SKL
|
Pelatihan pembuatan silabus
|
Kepala Madrasah
|
√
|
|||||||
Guru dapat menguasai pembuatan RPP dan metode pengajaran
|
Pelatihan pembuatan RPP dan
pengembangan
|
Kepala Madrasah
|
√
|
√
|
||||||||
Pelatihan Paikem / CTL untuk
semua guru
|
Kepala Madrasah
|
√
|
||||||||||
Tahun 2014 memiliki rasio buku pegangan
mata pelajaran 1:1
|
Pengadaan buku pegangan siswa setiap mata pelajaran
|
Guru
|
√
|
|||||||||
3
|
SKL
|
Pencapaian
nilai prestasi peserta didik sesuai KKM
|
Pengadaan
alat peraga setiap mata pelajaran
|
Kepala Madrasah
|
√
|
|||||||
Penambahan
jam belajar
|
Guru Kelas 1-6
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||
Pelaksanaan
kegiatan ekstra kurikuler
|
Guru
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||
Remedial
bagi peserta didik yang nilainya di bawah KKM
|
Guru Kelas
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||
Peserta
didik kelas 6 lulus 100 %
|
Les
|
Guru Kelas
6
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||
4
|
PENDIDIK DAN TENAGA KEPEN
DIDIKAN
|
Peningkatan
kompetensi dan profesionalisme guru
|
Pengusulan
sertifikasi guru yang belum bersertifikat
|
Kepala Madrasah
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||
Mengikuti
Diklat atau pelatihan Keguruan
|
Kepala Madrasah
|
√
|
√
|
|||||||||
Pelatihan
Kepemimpinan
|
Kepala Madrasah
|
√
|
√
|
|||||||||
Pelatihan
administrasi kelas
|
Kepala Madrasah
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||
Diklat / Pelatihan Pengoperasian Teknologi dan
Informatika ( TI )
|
Kepala Madrasah
|
√
|
√
|
|||||||||
5
|
SARANA DAN
PRASARANA
|
Penambahan
serta Pemeliharaan Ruang Belajar
|
Pengusulan
penambahan 1 lokal RKB (Ruang Kelas Baru) kepada Instansi terkait
|
Kepala Madrasah
|
√
|
|||||||
Menciptakan
lingkungan madrasah yang bersih, sehat,
indah dan rindang
|
Mengadakan
:
1. Toilet yang terbangun bersih
2. Fasilitas cuci tangan untuk peserta
didik
3. Kebun (Green house) dan Taman asri
4. Kantin bersih dan makanan sehat
5. Tempat sampah tertutup
6. Air bersih dan Sanitasi yang berfungsi
7. Melengkapi ruang UKS
8. Penghijauan
taman
|
Kepala Madrasah
|
√
|
√
|
||||||||
Madrasah menyediakan ruang lab computer dan perpustakaan
|
1.
Renovasi ruang
perpustakaan
dan lab
2.
Pengadaan
perlengkapan perpustakaan (Rak buku,
Buku, Meja baca, Kursi baca dan perangkat yang lainnya.
|
Kepala Madrasah
|
√
√
|
|||||||||
3. Pengadaan
/ pembelian infocus dan komputer
|
Guru
|
√
|
||||||||||
Pelatihan
pengelolaan administrasi perpustakaan
|
Guru
|
√
|
||||||||||
6
|
PENGELOLAAN
|
Meningkatkan
mutu dan kualitas madrasah
|
Pembentukan
TPM dan TPK
|
Kepala Madrasah
|
√
|
|||||||
Pelatihan
dan penyusunan RKM
|
Kepala Madrasah
|
√
|
||||||||||
Pelatihan
dan penyediaan sarana informatika
|
Kepala Madrasah
|
√
|
||||||||||
Pemberian
reward bagi guru berprestasi
|
Kepala Madrasah
|
√
|
||||||||||
Sosialisasi
kepada orang tua siswa tentang pentingnya dukungan belajar kepada anak
|
Kepala Madrasah
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||
Pertemuan
rutin dengan orang tua peserta didik,
dan pemangku kepentingan
|
Komite Madrasah
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||
7
|
PEMBIAYAAN
|
Mewujudkan
madrasah yang mampu mandiri dalam
system pengelolaan dan pelaporan administrasi
|
Diklat
/ pelatihan tenaga administrasi keuangan
|
Kepala Madrasah
|
√
|
√
|
||||||
Membentuk
organisasi alumni madrasah dan acara reuni tiap tahun
|
Guru
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||
Memberikan
beasiswa bagi peserta didik yang berprestasi
|
Kepala Madrasah
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||
8
|
PENILAIAN
|
Mewujudkan
madrasah yang memiliki mutu dan
kualitas sesuai SNP
|
Sosialisasi
kepada orang tua siswa tentang sistem
penilaian
|
Kepala Madrasah
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Pelatihan
pembuatan kisi-kisi soal dan
metode system penilaian bagi guru.
|
Kepala Madrasah
|
√
|
√
|
|||||||||
Keterangan: Gj =
Semester ganjil dan Gn = Semester genap
Sumber:
yogyakarta.kemenag.go.id/fle/file/mapenda/yfeb1336966241.pdf
0 komentar:
Posting Komentar